Kamis, 30 Agustus 2012

CHARACTER BUILDING

KEKUATAN KEPUTUSAN (Rangkuman )

Dr. IBRAHIM ELFIKY



       Membuat keputusan (decion making) adalah suatu proses memilih alternatif tertentu dari beberapa alternatif yang ada. Jadi, membuat keputusan adalah suatu proses memilih antara berbagai macam cara untuk melaksanakan pekerjaan. Semakin berpengalaman dalam pengambilan keputusan, semakin besar pula kepercayaan diri yang akan semakin berorientasi pula pada suatu tindakan. Jika seorang mampu mengambil suatu keputusan dalam batas-batas waktu yang masuk akal, mungkin ia mampu mengambil suatu keputusan yang menguntungkan sehingga sewaktu-waktu muncul peluang-peluang yang lebih baik dalam menentukan kehidupan orang itu kedapannya. Di dalam buku ini Ibrahim Elfiky menyebutkan bahwasannya seseorang harus cepat mengambil suatu keputusan agar dapat menggunakan kesempatan sebaik-baiknya. Setiap orang yang ingin lebih berhasil, harus dapat memutar akal dengan mengandalkan intuisi, ide-ide yang penuh kreatif dan inovatif.
    

         Mereka juga harus memandang persoalan dalam konteks yang lebih luas, sambil mengingat bahwa keputusan-keputusan utama akan mempunyai akibat-akibat jangka panjang dalam menentukan hidupnya. kita diharapkan lebih aktif dalam dan lebih kreatif, karena ia harus membuat keputusan (decision making) tanpa bantuan data-data kuantitatif (data berbentuk angka-angka) atau dukungan staf yang berpengalaman. 
       Keberhasilan seorang Wirausaha di dalam bisnis, tergantung pada kemampuan membuat keputusan yang meningkatkan kemampulabaan bisnisnya pada masa yang akan datang. Kemampuan membuat keputusan dapat diperoleh dari pengalamannya selama bertahun-tahun. Akan tetapi, dalam prakteknya pasti ada saja kesalahan-kesalahan, yang harus cepat disadari dan diambil tindakan pembetulannya.
       Dalam buku personal power ini Ibrahim Elfiky menuliskan tentang betapa pentingnya peranan kekuatan keputusan dalam kehidupn kita sehari-hari yang kadang kala kita sendiri tidak menyadari bahwa ternyata kita tidak terlalu menghiraukannya bahwan kita takut untuk menghadapinya atau mlah kita ingin jauh dari kekuatan tersebut
       Kekuatan terbesar kita adalah kemampuan untuk memilih kita bisa memutuskan ke mana kita ingin pergi, apa yang kita lakukan, dan apa yang kita pikirkan. Tak seorangpun biasa merampas kekuatan untuk memilih dari kita. Itulah anugerah tuhan untuk kita. Dan memberikan kekuasaan kepada kita untuk memutuskan jalan hidup kita sendiri. Kapan saja dalam hidup kita, kita bisa memutuskan kearah mana kita akan pergi.

       Nah, marilah sekarang kita bahas tiga prinsip kuat di balik keputusan-keputusan yang  mengubah hidup kita.

2.1    FRUSTASI
       Frustasi adalah kekuatan. Bahkan, frustasi merupakan salah satu dorongan yang kuat dan balik banyak pencapaian besar.
       Kekuatan frustasi pulalah yang menyebabkan Sylvester stalone terus mencari seseorang yang akan menerimanya sebagai actor. Frustasi juga merupakan kekuatan yang mendorong Beethoven untuk menciptakan simfoni-simfoni paling inspirasi setelah dia menjadi tuli. Dan kekuatan yang sama itulah yang menyebabkan Helen keller mengatasi semua rintangannya dan menjadi salah satu pendidik paling inspirasional sepanjang jaman. Frustasi adalah kekuatan dan anda bisa menggunakan kekuatannya untuk membuat keputusan sekarang, untuk mengatasi tantangan apapun yang mungkin menghadang.
       Frustasi mampu menjadi kekuatan besar untuk mendorong kita agar menemui pencapaian terbesar dalam hidup. Agar mendapatkan pencapain terbesar itu, jangan lupa untuk senantiasa berdo’a & meminta pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa.
Mintalah dan engkau akan menerimanya. Datanglah pada-KU dengan berjalan, dan AKU akan datang padamu dengan berlari “.
Tutorial menerapkan prinsip Frustrasi dalam hidup :
1.        Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah menuliskan masalah-masalah yang menyebabkan Anda merasa frustasi. Setelah Anda selesai menuliskannya, baca daftar masalah itu dengan lantang sebanyak tiga kali.
2.        Sekarang bayangkan diri Anda menjalani hidup selama bertahun-tahun mendatang dengan berbagai masalah tersebut. Asosiasikan penderitaan dengan masalah-masalah itu.
3.        Sekarang cabik-cabik kertas itu sampai menjadi potongan-potongan kecil dan buang kedalam toilet lalu siram. Kemudian gunakan kata ajaib itu KEPUTUSAN.  Katakan, “Aku sudah memutuskan untuk mengubah ini. Buatlah keputusan untuk mengambil tindakan, untuk mengubah keadaan saat ini juga. Gunakan frustrasi untuk bekerja bagi kepentingan Anda dan bukan melawan Anda. Buatlah keputusan bahwa Anda pantas mendapatkan yang terbaik dan lanjutkan melakukan hal-hal yang diperlukan sampai Anda mendapatkannya.

2.2    INSPIRASI
       Sebagaimana frustasi mendorong anda untuk membuat keputusan yang kuat, inspirasi juga demikian. Sekarang tanyakan pada diri kita masing-masing, pernahkah kita terinspirasi oleh sesuatu atau seseorang yang menyebabkan kita membuat perubahan dalam hidup kita?. Jawabannya pasti pernah.
       Inspirasi adalah fondasi utama yang membantu semua utusan tuhan dan para nabi untuk terus maju sampai mereka mencapai tujuan-tujuan mereka. Nabi Muhammad begitu terinspirasi oleh cintanya kepada tuhan sehingga dia sanggup menghadapi semua tantangan yang menghadang yang tak seorangpun akan sanggup menahannya. Beliau diolok-olok, dikritik, diusir dari kampung halamannya dan di ancam dengan kematian orang-orang berusaha membunuhnya tidak untuk sekali saja. Beliau terlibat dalam banyak pertempuran dan berkali-kali mengalami luka sangat parah. Tetapi beliau terus maju dengan komitmen sepenuhnya. Beliau digerakkan oleh inspirasinnya untuk membangun suatu bangsa muslim, dan beliau berhasil.
       Sekarang marilah kita lihat strategi dalam rangka menggunakan kekuatan inspirasi untuk membuat keputusan-keputusan yang mengubah hidup.
1.        Pikirkanlah mengenai suatu pengalaman pada masa lalu ketika anda begitu terinspirasi oleh seseorang atau sesuatu sehingga anda memutuskan untuk membuat keputusan untuk mengubah hidup.
2.        Sekarang setelah anda memikirkan sebuah pengalaman, pejamkan mata anda, ambil napas dalam-dalam dan kembalilah ke saat itu. Hidupkan kembali pengalaman penuh inspirasi dan keberhasilan tersebut seolah-olah itu sedang terjadi saat ini.
3.        Sekarang buka mata anda. Kepalkan sekali lagi tangan anda. Jika anda mendapati diri bernapas dengan penuh tenaga dan mendengan diri anda berkata, “aku bisa melakukannya”. Serta mengingat pengalaman penuh inspirasi tersebut, berarti anda telah berhasil menghidupkan kembali perasaan-perasaan penuh inspirasi itu.
       Ada yang mengatakan bahwa kita bisa karena terbiasa. Kalau kita terus melatih untuk mengingan inspirasi-inspirasi yang pernah kita alami tidak akan mustahil bagi kita untuk menjadikan inspirasi terssebut menjadi sesuatu yang lebih berarti. Heywood mengatakan.”tak ada yang mustahil bagi hati yang menawan”.

2.3    KETAKUTAN
Prinsip ketiga yang menyebabkan kita membuat keputusan adalah rasa takut. Rasa takut merupakan dorongan kuat yang menyebabkan orang-orang melakukan hal-hal yang tak ingin mereka lakukan, mengatakan hal-hal yang sebenarnya tak ingin mereka katakan, seperti bertahan dalam suatu hubungan yang buruk atau bekerja untuk bos yang menjengkelkan. Rasa takut adalah dorongan kuat yang bisa membuat Anda frustasi atau terinspirasi. Rasa takut selalu menjadi alasan untuk melahirkan keputusan-keputusan yang mampu mengubah hidup.
       Pada saat kita berada dalam keadaan tersebut kita akan berusaha untuk mencari hal-hal baru dalam hidup kita dan akhirnya kita membuat suatu keputusan yang membuat hidup kita berubah dan tanpa kita sadari juga bahwa keputusan itu lahir dari ketakutan kita.
       Bagaimana kita memanfaatkan rasa takut untuk keuntungan kita sendiri? Caranya dengan menggunakan konsep “Kerahkan Sampai Tapal Batas”, antara lain :
1.        Tulislah satu ketakutan yang menghalangi anda untuk mengambil tindakan.
2.        Pikirkan diri anda hidup dalam ketakutan anda. Bayangkan yang paling maksimal dengan ketakutan itu, sampai anda merasa benar-benar frustasi.
3.        Pikirkan seseorang yagn mampu mengatasi ketakutan itu dan terinspirasilah oleh mereka. Jika anda tak mengenal siapapun, bayangkan saja seseorang yang seperti itu.
4.        Lihatlah diri anda di masa depan mengambil tindakan untuk mengatasi rasa takut anda. Pelajari suatu yang baru yang carilah suatu hal yang dapat menghilangkan rasa takut anda sampai rasa takut itu benar-benar hilang.
       Keputusan- keputusan yang Anda ambil hari ini akan menentukan hari esok dan hari-hari serta tahun-tahun mendatang. Menggunakan kekuatan keputusan memberi Anda kapasitas untuk membebaskan diri dari berbagai dalih dan alasan, untuk mengubah setiap bagian dalam kehidupan Anda.

 SIKLUS GELOMBANG OTAK

       Memahami siklus gelombang otak akan membantu anda belajar mengendalikannya dan menggunakan kekuatan-kekuatan tersembunyi dari pikiran anda untuk membantu anda membuat keputusan-keputusan yangbaik
Ada empat siklus utama gelombang otak :
1.        Siklus gelombang otak beta
Siklus otak yang berlangsung adalah 14 sampai 28 gelombang per detik. Beta merupakan siklus otak yang paling aktif dalam kegiatan sehari-hari kita dan berkomunikasi dengan dunia luar.
Siklus ini bukan merupakan gagasan yang sangat baik untuk membuat keputusan-keputusan penting selagi Anda berada dalam siklus ini, tetapi siklus beta merupakan keadaan yang tepat sekali untuk mengumpulkan segala jenis informasi yang Anda butuhkan untuk membuat suatu keputusan yang baik.
2.        Siklus gelombang otak alpha
Siklus otak yang berlangsung 7 sampai 14 gelombang per detik. Siklus ini dianggap sebagai siklus yang paling tepat dalam mengambil keputusan bahkan digunakan sebagai pengobatan hipnoterapi untuk melepaskan emosi-emosi negatif serta berbagai perilaku merusak dan mengobati fobia. Dalam siklus ini otak kita berada dalam keadaan tenang.
3.        Siklus gelombang otak theta
Disini siklus otak melambat antara 3 sampai 7 gelombang per detik. Dalam siklus ini otak kita berada dalam bawah sadar. Keadaan inilah yang biasa digunakan oleh para hipnoteraphis
4.        Siklus gelombang otak delta
Di sini siklus otaknya adalah 0 sampai 3 gelombang per detik. Anda sepenuhnya dalam keadaan tak sadar. Delta juga disebut sebagai siklus penyembuhan karena ketika otak memasuki keadaan ini, tubuh Anda menyembuhkan dirinya sendiri dari semua keletihan serta gangguan-gangguan emosional dan juga menyembuhkan beberapa penyakit fisik.

     Sekarang kami akan mengajarkan satu strategi yang bisa Anda gunakan untuk membuat
keputusan. Strategi ini disebut Keputusan DAPSI, dengan artian sebagai berikut :

D = DEFINISIKAN
Huruf D adalah kepanjangan dari definisikan. Pertama yang harus kita lakukan sebelum mengambil keputusan yaitu kita harus mendefinisikan hal yang akan kita hadapi. Mendefinisikan suatu masalah mewakili 50% solusi.

A = ALTERNATIF
Huruf A adalah alternative. Setelah kita mendefinisikan hal yang akan kita hadapi kita juga harus punya alternative atau pilihan ke dua untuk menjaga hal yang kita tidak inginkan.

P = POSSIBILITIES (KEMUNGKINAN)
Untuk setiap alternatif yang Anda pikirkan, daftarlah semua variasi dan konsekuensi yang mungkin terjadi. Ini akan memberi Anda lebih banyak kendali atas situasi apa pun karena Anda menggunakan kekuatan otak untuk berfokus pada solusi dan keputusan yang Anda ingin buat. Setelah kita mendefinisikan masalah serta mencari alternatif solusinya. kita harus juga membuat kemungkinan-kemungkinan yang ada. Dengan seperti itu maka kita akan menjadi jauh lebih baik dan  juga akan menjadi lebih percaya diri.

S = SELEKSI
Seleksi adalah  ketika anda memilih salah satu dari beberapa alternative yang ada. Berarti kita harus memilih salah satu yang paling aman dari setiap resiko yang akan kita hadapi.

I = INTUISI
Huruf terakhir merujuk pada intuisi. Pernahkah anda ingin melakukan sesuatu tetapi merasa ada sebuah seuara di dalam diri anda yang mengatakan agar jangan melakukannya ? dan apakah anda menemukan bahwa jika anda mendengarkan suara itu, anda membuat keputusan yang benar? Kita semua memiliki pengalaman-pengalaman seperti itu.
Intuisi ialah suara-suara yang muncul ketika kita akan mengambil suatu keputusan, suara ini terletak di dalam diri kita. Suara itu adalah malaikat penjaga kita yang akan mengarahkan kita dari waktu ke waktu dengan berbisik di telinga dan mengarahkan kita pada apa yang perlu kita lakukan. Jikalau, kita mengabaikan suara itu bisa-bisa membawa Anda kepada kesalahan-kesalahan besar dalam kehidupan Anda. Inilah intuisi Anda, pemberi petunjuk Anda menuju kehidupan yang lebih baik.

Keputusan adalah kekuatan dan itu ada dalam setiap diri kita. Anda bisa memutuskan saat ini juga untuk menjadi orang pakar komunikasi ulung.
Sampai disini Anda telah mendefinisikan situasi, menemukan alternatif untuk mengatasinya, dan memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang terkait dengan masing-masing alternatif. Sekali Anda menentukan pilihan, ambilah nafas dalam-dalam, pejamkan mata, dan dengarkan intuisi Anda.
       Keputusan adalah kekuatan dan itu ada dalam setiap diri kita. Anda akan bisa menjadi apa saja yang Anda inginkan dengan langkah pertama, Anda harus memutuskan kemana tujuan Anda. Kemudian, serahkan diri Anda kepada keputusan tersebut dan lakukan langkah-langkah selanjutnya yang diperlukan, apa pun yang terjadi.
       Sekali Anda memutuskan, Anda harus bertindak, setia kepada keputusan yang sudah dibuat, memperhatikan apa yang terjadi dan terus menyesuaikan tindakan Anda sampai Anda mencapai tujuan yang ditetapkan.
       Ketika Anda menggunakan kekuatan keputusan, Anda melepaskan kekuatan-kekuatan Anda yang tersembunyi. Anda mendapati diri berfokus menjadi yang terbaik dan membuat perbedaan dalam hidup Anda serta orang-orang yang Anda cintai dan mereka yang berhubungan dengan Anda.
       Semakin sering Anda membuat keputusan, semakin Anda akan menjadi lebih baik dalam melakukannya.
       Sebuah peribahasa Cina mengatakan, “Penilaian yang baik datang dari keputusan yang baik, dan keputusan yang baik datang dari pengalaman, dan pengalaman dari penilaian yang buruk”.
Jadi, jalanilah hidup Anda sepenuh-penuhnya, jadikan masa lalu Anda impian kebahagiaan. Jadikan masa depan Anda suatu visi mengenai harapan, dan lanjutkan melakukan perjalanan Anda dalam menemukan rahasia-rahasia abadi kekuatan emas Anda, rahasia kekuatan pribadi.

0 komentar: